RSS

Ada Apa dengan West Madura?

01 May

West Madura, sebuah blok eksploitasi migas di lepas pantai Jawa Timur menjadi pemberitaan yang hangat akhir-akhir ini. Saat ini, West Madura sahamnya dimilki oleh 5 perusahaan yaitu Pertamina (50%), Kodeco (12,5%), CNOOC (12,5%), Sinergindo (12,5%), dan Pure Link (12,5%). Tempo interaktif (22/4) mengabarkan bahwa pengalihan saham Kodeco dan CNOOC kepada Sinergindo dan Pure Link dinilai janggal. Hal ini disebabkan pengalihan saham terjadi menjelang 2 bulan lagi pengakhiran kontrak kerja pada tanggal 7 Mei 2011. Seperti diketahui bahwa kontrak blok West Madura dilakukan pada tanggal 7 Mei 1983 dan akan berakhir pada tanggal 7 Mei 2011.

BP Migas sebagai pengelola kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi di Indonesia telah merekomendasikan kepada pemerintah bahwa PT Pertamina memegang saham sebesar 60 % berdasarkan hasil rapat pada tanggal 13 April 2011. Selain itu, BP Migas juga merekomendasikan agar PT Pertamina ditunjuk sebagai operator selama tiga tahun. Setelah tiga tahun, kinerjanya dievaluasi. Apabila ternyata kinerjanya cukup baik, maka PT Pertamina ditetapkan sebagai operator selanjutnya.

Saat ini, blok West Madura memproduksi minyak bumi sebanyak 13.000 barrel perhari dari semula 19.000 barrel perhari. Inilah yang menjadi tantangan operator yang akan datang untuk meningkatkan kembali poduksi minyak bumi di blok West Madura.

Sumber: Tempo Interaktif, Kompas, yahoo

 
Leave a comment

Posted by on May 1, 2011 in Opini

 

Leave a comment